Trend Beli Mobil Online, Bagaimana Cara Agar Tidak Tertipu

Trend-Beli-Mobil-Online-Bagaimana-Cara-Agar-Tidak-Tertipu
Gambar dari seva.id

Berhubung saat ini transaksi online sudah menjadi kebiasaan, Anda juga bisa beli mobil online dengan mudah. Masalahnya, masih ada orang tak bertanggung jawab yang terindikasi menipu konsumen yang akan membeli mobil. Ujung-ujungnya, mobil yang dibeli tidak sesuai harapan dan banyak kerugian lainnya.

Jika tetap ingin melakukan transaksi digital pembelian kendaran roda empat, pastikan untuk melakukannya dengan cara aman. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan.

6 Cara Tepat Belanja Mobil Online yang Aman

Sama halnya dengan transaksi online untuk berbagai produk lainnya, membeli mobil dengan cara online juga harus ekstra teliti. Mulai dari mengecek profil aplikasi, situs, atau toko online hingga kemudahan transaksi yang disediakan.

  • Riset Profil

Lakukan riset profil penjual terlebih dahulu, dengan membuka situs atau aplikasi tersebut. Cek halaman yang menjelaskan tentang informasi penjual, mulai dari kapan berdiri, alamat kantor offline, hingga nomor yang dapat dihubungi.

Jika ternyata lokasinya tidak jauh dari tempat Anda tinggal, luangkan waktu untuk datang langsung untuk menanyakan perihal pembelian mobil melalui situs tersebut.

Lakukan riset pada beberapa penyedia jasa pembelian mobil secara online, untuk memperbanyak referensi Anda saat memilih yang terbaik.

  • Lihat Testimoni Konsumen

Biasanya penjual yang sudah kompeten tidak akan ragu menampilkan fitur testimoni dari konsumen. Anda bisa mengecek bagaimana tanggapan pembeli setelah bertransaksi disana, apakah puas atau justru kecewa. Baik dari segi pelayanan, harga, maupun kondisi mobil yang sudah terlanjur mereka beli.

Kalau memungkinkan, tanya langsung pada pembeli yang mencantumkan nomor telepon sebagai tambahan informasi agar lebih akurat.

  • Keamanan Transaksi

Keamanan bertransaksi online memang jadi salah satu pertimbangan konsumen saat akan membeli mobil. Apalagi untuk produk kendaraan ini, harganya tidak murah.

Transaksi yang aman, salah satunya dilakukan melalui aplikasi terpercaya. Dimana calon pembeli bisa memiliki akun sendiri, dengan kata nama pengguna dan kata sandi tertentu yang tidak bisa dibuka orang lain.

Jika akan membeli melalui situs, keamanan bisa terlihat dari berlapisnya proses verifikasi saat akan bertransaksi. Hal tersebut, merupakan salah satu upaya menjaga keamanan informasi privasi konsumen dan transaksi pembayaran.

  • Bergaransi

Pastikan ada garansi pembelian, sama halnya saat membeli dengan jalur offline. Garansi bisa meliputi garansi uang kembali, garansi cacat produk, dan garansi langsung dari produsen kendaraan tersebut.

  • Harga Masuk Akal

Lakukan perbandingan harga, antara mobil yang dijual dealer dengan harga di situs penyedia transaksi pembelian online.

Jika terlalu mahal atau terlalu murah, bisa dijadikan pertanyaan apakah barang yang dijual itu tersedia atau malah ada indikasi penipuan.

  • Proses Bayar Transparan dan Fitur Terbaik

Jika memilih aplikasi terbaik seperti SEVA yang menyediakan mobil terbaik dengan harga terbaik. Maka akan terlihat adanya transparansi proses bayar, dimana Anda bisa memilih jenis transaksi online menggunakan internet banking atau lainnya.

Transparansi akan terlihat dari alur pembayaran yang jelas, kalkulasi pembayaran yang bisa dilihat langsung hingga notifikasi setelah proses bayar. Alhasil Anda punya bukti kuat bahwa transaksi sudah berhasil.

Pastikan juga memilih metode transaksi yang aman, serta sudah diverifikasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Aplikasi terbaik satu ini, juga menyediakan fitur mempermudah Anda mendapatkan mobil yang diinginkan. Namanya instant approval, dimana Anda akan diberikan pilihan mobil sesuai anggaran yang tersedia.

  • Pengiriman dan Test Drive

Proses pengiriman mobil juga harus diperhatikan, biasanya pihak penjual akan langsung mengirim dengan sistem yang sudah jelas dari perusahaan mereka.

Kemudian, pastikan juga ada waktu test drive sebelum Anda membeli mobil. Bisa dilakukan sesuai kesepakatan antara penjual dan konsumen, baik soal waktu dan lokasinya.

Sebenarnya saat ini membeli online maupun offline tidak masalah, selama bisa mendapatkan toko yang kompeten dan tidak abal-abal. Mau beli mobil dengan cara online sekarang?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.