5 Cara Mudah Memilih Sepatu Gunung untuk Perempuan

5-Cara-Mudah-Memilih-Sepatu-Gunung-untuk-Perempuan
Gambar dari Canva

Apakah Anda salah satu orang yang suka menikmati alam dengan cara naik gunung?! Jika ya, kegiatan berpetualang ini membutuhkan persiapan yang matang, mulai dari mental, alas kaki, dan peralatan lengkap lainnya. Untuk penggunaan alas kaki, bentuk dan ukurannya berbeda-beda antara perempuan dan laki-laki. Oleh sebab itulah, Anda perlu memilih sepatu gunung khusus, apabila Anda seorang perempuan.

Cara Memilih Sepatu Gunung Perempuan

Untuk mendaki gunung dan melewati medan terjal, Anda memerlukan sepatu yang nyaman apabila memijak bebatuan. Banyak pabrikan sepatu yang membuat sepatu khusus bagi Anda yang suka menikmati keindahan alam dengan cara naik gunung. Sepatu itu dibuat sesuai dengan standar operasional yang mementingkan sistem keamanan dan keselamatan selama di perjalanan. Nah, bagaimana cara mengetahui sepatu gunung tersebut aman, untuk cara memilihnya akan diuraikan di bawah ini.

1. Cari Sepatu dengan Bahan Tahan Air

Cuaca yang tidak menentu dan area trek yang harus melewati sungai membuat Anda wajib memiliki sepatu gunung yang tahan air. Selain tahan air, pastikan sepatu yang Anda pilih dapat digunakan melewati perjalanan yang terjal. Untuk mengetahui sepatu gunung yang Anda pilih tahan air, Anda bisa memastikan bahannya terbuat dari gore-tex. Material tersebut memliki membran yang tahan air dan terdapat rongga udara yang memberi ruang pada kaki Anda untuk bernafas.

2. Bobot Sepatu yang Ringan dan Mudah Melangkah

Sepatu gunung memang terkenal memiliki bobot yang berat. Meskipun begitu, Anda tetap harus memilih bobot sepatu yang ringan agar Anda mudah melangkah. Pilihlah sepatu dengan bobot di bawah satu kilogram, karena sepatu yang berat akan menguras tenaga Anda saat melewati perjalanan. Bobot sepatu hiking boots yang paling ideal ialah 0,5 kilogram untuk satu sepatu. Jangan biarkan tenaga Anda habis hanya karena membawa sepatu gunung saja.

3. Pertimbangkan Ukuran Sepatu yang Pas

Sepatu gunung asics gel kayano dengan ukuran yang pas dapat membuat perjalanan Anda terasa lebih nyaman. Upayakan tidak memilih sepatu gunung yang longgar, karena trek perjalanan sangat dinamis. Begitupun untuk tidak memilih sepatu gunung yang terlalu pas, karena akan membuat kaki Anda sulit bernafas hingga kesakitan. Jadi, telitilah dalam memilih sepatu gunung dengan mencobanya terlebih dahulu sambil menggunakan kaos kaki tebal.

4. Sol Bergigi Kasar Namun Elastis

Medan perjalanan di gunung sangatlah beragam, mulai dari tanah datar, tanah lembek, bebatuan kasar, kerikil, hingga tanah licin. Supaya bisa melewati medan tersebut, maka Anda perlu memilih sepatu dengan sol bergigi kasar namun tetap elastis. Sol bergigi akan membantu Anda menggigit lintasan bebatuan yang tidak bisa dijangkau dengan menggunakan sepatu gunung biasa.

5. Pilih Tipe Sepatu yang Nyaman

Ada dua tipe sepatu gunung yang dapat Anda gunakan yang dapat disesuaikan dengan medan perjalanan, yaitu berleher pendek dan berleher panjang. Untuk melewati medan yang terjal, Anda dapat menggunakan sepatu gunung berleher panjang, begitupun sebaliknya. Untuk pendaki pemula, sebaiknya menggunakan sepatu gunung yang menutupi engkel dan mata agar terlindungi.

Demikianlah cara mudah memilih sepatu gunung untuk perempuan. Dalam memilih sepatu gunung tersebut harus teliti, karena sepatu dengan harga mahal belum tentu kualitasnya bagus dan nyaman dikenakan. Ketelitian yang Anda butuhkan ialah melihat sisi material sepatu asics gel kayano, ukuran yang pas, dan sol bergerigi yang dapat melewati berbagai medan terjal.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *