Saat Listrik Padam ini yang Harus Dilakukan

Saat-Listrik-Padam-ini-yang-Harus-Dilakukan
Gambar dari Canva Pro

Terjadi pemadaman listrik merupakan hal yang tidak kita senangi, aktifitas keseharian jadi terganggu. Perhatikan beberapa hal yang perlu dilakukan di bawah ini saat terjadi listrik padam :

1. Melapor

Dalam keadaan tidak luar biasa, hal pertama yang harus dilakukan adalah melapor, baik jika mati listrik tersebut terjadi untuk kali pertama, maupun ketika masih terkena pemadaman listrik saat wilayah lainnya sudah menyala.

2. Perlengkapan darurat

Beberapa barang perlu dipersiapkan untuk mengatasi pemadaman listrik dalam waktu panjang. Persiapkan perlengkapan darurat, seperti air. Setidaknya setiap orang memerlukan satu galon yang bisa dipakai selama tiga hari. Persiapkan cadangan air lebih jika kamu memiliki binatang peliharaan. Hal lainnya yang harus disiapkan adalah cadangan makan tiga hari yang tidak mudah rusak, serta perlengkapan seperti alat pembuka kaleng, senter, serta baterai ekstra termasuk untuk ponsel. Namun, sebelum mempersiapkannya, pasang telinga pada arahan pemerintah. Jika pemadaman listrik diakibatkan oleh bencana alam atau peristiwa lainnya, maka mungkin kamu butuh evakuasi.

3. Perhatikan makanan di kulkas

Makanan dalam kulkas akan tetap dalam kondisi aman dan dingin selama beberapa jam, jika pintunya tidak dibuka dan full freezer akan menjaga temperatur sekitar 48 jam, selama pintunya tetap tertutup. Selain itu, jangan hanya melihat tampilan luar makanan untuk mengetahui apakah makanan tersebut masih aman. Namun, jangan pula mencicipinya terlebih dahulu.

4. Sediakan pasokan penerangan

Ketika listrik mati, kita tentu membutuhkan penerangan. Martin menyarankan kita untuk memasok beberapa lilin atau lampu LED agar lebih praktis. Jika menyediakan lampu LED, pastikan kamu mempunyai cadangan baterai dan tahu di mana menyimpannya.

5. Tetap adem tanpa AC

Di beberapa wilayah dengan suhu panas tentu sangat membutuhkan pendingin ruangan (AC). Pemadaman listrik dalam waktu panjang tentunya akan membuat kita tidak nyaman. Sediakan kipas angin tenaga baterai untuk digunakan pada saat darurat. Mungkin anginnya tidak akan sedingin AC, namun bisa cukup membantu di masa darurat. Selain itu, tetaplah berada di tempat rendah.

6. Menyibukkan diri Ketika listrik padam

Kita perlu menjaga pikiran tetap sibuk. Jika bosan dan cemas, cobalah bermain kartu, papan permainan, atau membaca buku jika memungkinkan. Selain itu, tentu tidak ada di antara kita yang ingin ponselnya mati total, karena kehabisan daya. Jadi, pastikan kamu menghemat dayanya dan menggunakan ponsel hanya saat diperlukan.

Agar aktifitas bisa berjalan lagi dengan lancar saat pemadaman listrik penting memiliki sumber listrik cadangan. Salah satu sumber cadangan listrik adalah genset.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *